Senin, 18 Juni 2012

Burung Bangau

Pagi ini, saya melihat burung bangau, terbang sendiri di langit atas rumahku. Sebagai orang yang hidup di wilayah bernama Jakarta, melihat burung bangau terbang melintas adalah hal yang sangat langka tentunya. Bentuk anggunnya segera dapat dikenali ketika dia melintas langit. Tak lama kemudian, sekelompok burung yang sama saya lihat melintas juga di langit. Kali ini berjumlah 5 ekor. Bahagianya melihat burung-burung itu kembali setelah sekian lama.

Hal ini terkait dengan pengalaman masa kecil saya yang pernah lihat burung bangau tong-tong untuk yang pertama kalinya di sawah kami. Saat itu saya masih kecil dan diajak bapak menengok sawah kami yang jauuuuh sekali dari rumah. Sepetak kecil sawah tersebut memang selalu ditanami padi karena irigasi yang lumayan bagus di daerah tersebut. Saat itulah saya melihat burung bangau tong-tong sedang mengangkat salah satu kakinya. Melihat burung yang berukuran lumayan besar berwarna putih itu di habitat liarnya, memang memberikan kesan tersendiri buat saya, kala itu dan sampai sekarang.

Setelah hampir 30 tahun berlalu, saya kembali melihat burung itu melintas di habitat liar. Kenangan tentang indahnya masa kecil bersama Bapak kembali datang. Itulah yang kemudian memberikan kebahagiaan tersendiri bagi saya pagi ini. Saya rasa, kenangan masa kecil merupakan fondasi kuat untuk kebahagiaan kehidupan masa -masa datang. Hal yang bagi orang lain biasa, bisa menjadi luar biasa bagi orang lainnya, karena adanya pengalaman yang mendasarinya melihat suatu peristiwa dan suatu benda. Seperti kejadian saya pagi ini melihat burung bangau terbang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar