Rabu, 25 Juli 2012

Bunga Wamena




Bunga Wamena adalah bunga yang banyak tumbuh di lembah Wamena, Papua.  Saya kurang tahu pasti apakah bunga ini hanya tumbuh di daerah wamena saja, atau di tempat lain juga ada. Namun bunga yang berwarna-warni cerah ini termausk golongan bunga yang bisa bertahan beberapa lama. Ada yang menyebut bunga ini dengan "bunga kertas", ada juga yang menyebutnya sebagai "bunga cinta abadi"karena sifat bunga itu yang tahan lama. Katanya sih di pasar wamena, banyak orang yang menjual bunga indah ini.


Pertama kali saya terpana dengan bunga ini adalah ketika awal tahun 1995 saya berkunjung ke rumah tante saya, dan dia meiliki rangkaian bunga tersebut di rumahnya. Sejak saat itu, bunga ini telah menawan hati saya yang membuat saya ingin memilikinya. Tapi, darimana saya mendapatkan bunga yang katanya hanya ada di lembah Wamena ini saja?


Crita punya cerita, pada tahun 2005, pada waktu saya mengikuti diklat, teman satu diklat saya timggal di Jayapura, Papua. Saya menceritakan mengenai keinginan saya untuk memilliki bunga Wamena tersebut. Setelah diklat selesai, tiba-tiba saya mendapatkan kiriman dari Papua, satu box kayu kecil yang berisi seikat besar bunga wamena segar yang warna-warni. Malah waktu itu belum banyak yang mekar. Serasa meloncat senang hati saya mendapatkan kiriman itu. Akhirnya keinginan saya yang sepertinya tidak mungkin itu, menjadi kenyataan. Saya bagi keindahan bunga ini dicatatan ini agar semua orang dapat menikmatinya.





2 komentar:

  1. bunganya masih ada? apakah bentuknya masih bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunganya sudah tidak ada, rusak termakan waktu. warnanya juga berubah menjadi coklat pada akhirnya.

      Hapus