Selasa, 05 Maret 2013

TEA WALK DI GUNUNG MAS TEA ESTATE, PUNCAK-BOGOR

Di akhir tahun 2010 lalu, saya dan teman-teman kantor pergi ke Gunung Mas Tea Estate di Puncak, Bogor. Jalan-Jalan diantara kebun teh atau yang lebih keren disebut tea walk merupakan pilihan kami untuk menjalin dan memperkuat  keakraban dan kekompakan kami. Jadi akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk pergi bareng-bareng karena biasanya aktifitas kantor sudah mulai agak berkurang menjelang penutupan tahun.

Sore setelah pulang kantor, kami naik ke puncak, bogor, dengan tujuan salah satu penginapan disana. Sebagai makan malam, bapak-bapak mengusulkan agar kita bisa mencicipi sate kambing kadir 1 yang konon sudah terkenal enak. Setelah istirahat malam, pagi-pagi  kita bergerak ke Perkebunan Teh Gunung Mas Bogor. Di lokasi tersebut, pertama-tama rombongan diharuskan untuk melapor ke kantor perkebunan dan membeli tiket terlebih dahulu. Setiap tiket, kita mendapatkan bonus 1 bungkus teh hasil perkebunan tersebut. Betul juga, kita berkunjung ke kebun teh, sebaiknya kita mencicipi teh hasil perkebunan tersebut.

Pihak Perkebunan teh sudah menyediakan pemandu kepada setiap rombongan yang berniat untuk tea walk. Traif untuk pemandu tersebut tergolong murah, saya lupa tepatnya, tetapi dibawah  Rp. 50.000. Ada 3 pilihan rute untuk tea walk, rute pendek, sedang maupun panjang. Rute pendek menempuh rute 4 km, rute sedang 6 km dan rute panjang 12 km. Kita memilih rute pendek saja karena setelah tea walk tersebut, masih terdapat acara lain.



Kontur perkebunan teh yang naik turun merupakan sebuha tantangan tersendiri bagi kami yang tidak terlalu terbiasa dengan kondisi tersebut. Tetapi semua kelelahan terbayar dengan kesegaran udara,pemandangan hijaunya kebuh teh dan alam pegunungan. Sepanjang jalan, bapak pemandu menjelaskan kepada kita mengenai sejarah perkebunan, jenis-jenis pohon teh dan produk olahan teh maupun proses pengolahan daun teh dari pemetikan sampai hasil jadi. Salah satu produk Perkebunan teh Gunung Mas merupakan teh dengan Merek WALINI. Teh tersebut dikemas dalam berbagai varian, seperti teh hijau, teh rasa jahe dll. Sebagai oleh-oleh, jangan lupa untuk membeli salah satu produk kebanggan  Indonesia tersebut. Perkebunan teh tersebut juga menyediakan berbagai fasilitas selain untuk tea walk, terdapat juga fasilitas untuk camping, berkuda, kolam renang dan lokasi rekreasi. Di komplek perkebunan teh tersebut juga terdapat cafe yang menyediakan teh dan makanan kecil lainnya yang enak bila dinikmati hangat-hangat. Keindahan dan kesegaran kebun teh merupakan alternatif wisata yang patut dicoba dan dinikmati bersama keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar