Rabu, 18 Maret 2015

SUSAHNYA DIET

mungkin bagi yang langsing-langsing, diet adalah kata yang tidak pernah ada dalam kamusnya. namun bagi kita kita yang istilahnya "minum air putih saja jadi daging", diet adalah sesuatu yang teramat sangat tidak mudah.

teori dasar kenapa orang bisa jadi gemuk, beserta bagaimana cara pencegahannya, semua sudah hapal di luar kepala. yang susah, selalu bukan menghapal teorinya, tetapi "prakteknya". itu yang selama ini membuat aku tergolong golongan orang yang gagal melulu berdiet, sehingga tanpa sebab tahu-tahu badan sudah menggelembung tak terkontrol.

kata orang, ada juga sih unsur genetik turut andil dalam menggemukkan orang, tapi bersembunyi dibalik alasan itu, sama sekali tidak pas lagi. "mau ada unsur genetik atau tidak, kenyataannya gemuk ya gemuk aja!"...

kesulitanku adalah kontrol diri (aku sudah tahu teori itu), tidak sadar ketika makan, tahu2 makanan sudah masuk ke perut, dan jadi daging. itu udah pernah aku ungkapkan sama temanku, tapi ya... begitu deh. cuma mengeluh dan mengeluh, tapi makan jalan terus.

bukannya aku tidak bersyukur karena sampai saat ini dikaruniai kesehatan, lahir dan batin. tapi apabila diet bisa berhasil, aku yakin kualitas kesehatank pasti akan lebih baik lagi. so, ketika aku makan banyak... dan aku lupa kalau aku harus diet.... harusnya aku ingat saat aku menulis catatan keluhan ini.... memang tidak mudah melaksanakan diet, meski teorinya aku sudah hapal di luar kepala. 3-2-09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar